Film Dokumenter terbaik yang menarik untuk di tonton


 

Film dokumenter, adalah salah satu dari berbagai macam genre film yg sangat menarik untuk ditonton, selain menghibur juga sarat akan pengetahuan dan materi2 yg sangat bermanfaat bagi nutrisi otak dan pikiran kita. Keunikan lain dari film jenis ini adalah, pembuatannya yg tidak mudah karena apa yg ditampilkan disini adalah berdasarkan fakta2 yg ada atau dengan kata lain non-fiksi, dengan disertai beberapa narasumber dan narasi yg menarik, menonton film dokumenter bisa jadi sama dengan membaca sebuah buku pengetahuan tebal, selain itu film dokumenter membuat kita lebih mudah membayangkan suatu hal yg sering menjadi pertanyaan dalam benak kita, dan juga menjadi sumber jawaban dari banyak pertanyaan2 dan misteri yg ada disekeliling kita. Berikut adalah film dokumenter terbaik versi TS yg menarik untuk agan tonton



EARTHLINGS (2005)


Earthlings, adalah sebuah film dokumenter bagus yg dirilis pada tahun 2005, dan memenangkan banyak penghargaan. Sebuah film yg pasti akan membuat kita yg melihat akan menangis dalam hati atau bahkan menangis beneran. Film ini menceritakan tentang manusia yg memanfaatkan, mengeksploitasi, memperbudak dan menyiksa hewan entah sebagai sebagai peliharaan, makanan, pakaian, hiburan dan untuk riset. Joaquin Phoenix berperan adalah narator dalam film ini, dan disutradarai oleh Shaun Monson.
Earthlings penuh dengan bukti2 rekaman kamera tersembunyi tentang bagaimana sebenarnya perlakuan manusia terhadap hewan dalam industri2 besar di dunia, dan semuanya bergantung pada hewan. Film ini mengajak kita untuk hidup berdampingan dengan semua jenis makhluk hidup yg ada di planet ini, karena mereka juga Earthlings (Penghuni Bumi), mereka memiliki hak yg sama untuk hidup di bumi, maka kita (manusia) wajib berbagi dengan mereka. 

OCEANS (2010)
Menurut ane ini adalah dokumenter kehidupan bawah laut yg paling bagus. Oceans adalah film dokumenter Perancis yg dibuat pada tahun 2009, Jacques Perrin adalah sutradara, produser dan naratornya. Film ini menggambarkan drama kehidupan bawah laut yg begitu meangagumkan.
Diambil dari 5 Samudra yg ada di bumi serta menunjukkan beberapa aspek negatif aktifitas manusia yg merusak samudera berikut penghuni2 nya. Dengan cinematografi yg amajing ,diiringi alunan background music yg elegan, dan indah semakin membuat kita mencintai samudera beserta penghuninya.Disneynature merilis film ini di Amerika Serikat pada 22 April 2010 bertepatan dengan Earth Day pada waktu itu, dengan narasi yg ditulis oleh Pierce Brosnan. Film ini juga memenangkan banyak penghargaan.


BBC FOUR - INFESTED : LIVING WITH PARASITES (2014)
 Michael Mosley menjelajahi dan mempelajari keanehan dan keunikan dunia parasit dengan mengubah tubuhnya sendiri menjadi laboratorium hidup dimana dia menginfeksi dirinya sendiri dengan beberapa parasit berbahaya. Mengunjungi Kenya demi mendapatkan daging sapi yg terinfeksi kista cacing pita dan menelan kista tersebut sehingga dia menumbuhkan cacing pita dalam perutnya, selain cacing pita, dia juga menginfeksi tubuhnya dengan tungau, lintah dan Plasmodium falciparum (parasit penyebab malaria).
Dia juga menelan kamera yg berbentuk kapsul seukuran pil untuk memantau apa kista cacing pita yg dia telan sudah menjadi cacing dewasa atau tidak dan sekaligus memantau pergerakannya dalam usus. Di film ini juga ditunjukkan bagaimana menakjubkannya parasit2 ini yg bahkan bisa mengontrol host nya (inang) demi mereka sendiri untuk bertahan hidup. What a wonderful creature.


BBC – HIROSHIMA (2005)
BBC Hiroshima, dari judulnya mungkin kita sudah mengetahui menceritakan apa film ini. Yap. Ini adalah film yg menceritakan tentang kronologis yg terjadi ketika senjata pemusnah massal pertama kali digunakan, Bom Atom. Dengan reka ulang kejadian berdasarkan kesaksian para korban selamat dari ledakan Little Boy (nama bom atom yg dijatuhkan di hiroshima) dan penelusuran para ahli sejarah perang dunia II.
Dan yg paling menarik tentunya, detik2 penjatuhan Little Boy di hiroshima, didukung dengan teknik animasi komputer yg sangat baik, menciptakan reka ulang detik2 terakhir penjatuhan bom little boy yg sekaligus menandai kekalahan jepang pada Perang Dunia II tersebut. Film ini juga memenangkan Emmy dan BAFTA awards pada 2006.


BBC TWO – OUR SECRET UNIVERSE : THE HIDDEN LIFE OF THE CELL (2012)
Perang tidak hanya terjadi di dunia kita saja, tetapi juga terjadi dalam tubuh kita, bahkan hampir tiap hari tubuh kita adalah medan perang yg hebat dan sudah terjadi sejak milyaran tahun lalu dan masih terus terjadi hingga saat ini, tiap hari, tiap detik. Ini adalah cerita penyerbuan alien2 yg menyerang kita, yg kita kenal sebagai Virus. Dan film ini sangat2 menarik untuk ditonton, selain menceritakan virus yg menginfeksi kita, juga diceritakan bagaimana perjuangan sel2 tubuh kita dalam melawan invasi partikel2 mematikan ini.
Film ini juga banyak disertai animasi 3D yg begitu detail, dan kalo ane boleh bilang, ini sangat amajing ! Seakan melihat peperangan pesawat2 luar angkasa. Kita tidak akan menyangka ternyata baik virus maupun sel2 tubuh kita masing2 mempunyai cara dan strategi tersendiri untuk bertahan atau menyerang balik. Bagaimana virus berusaha menembus lapisan demi lapisan pertahanan yg kita miliki sampai akhirnya mereka berhasil menuju inti sel dan membajak serta melakukan replikasi.
Tapi pertempuran belum berakhir, sel2 tubuh kita yg sekarat berusaha menyalakan alarm bahaya agar semua sel2 antibodi dan sel darah putih sebagai elemen sistem imun kita diluar siap untuk melakukan serangan balik !. asli seru ini !. Must watch! Dengan beberapa kontributor seperti Professor Bonnie L Bassler (Princeton University), Dr. Nick Lane dan Professor Steve Jones (University College London dan University Susanna Bidgood)

SUMMUR
 
 
 
 

Related Posts:

0 Response to "Film Dokumenter terbaik yang menarik untuk di tonton"

Posting Komentar